LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : VII
TEMA :
1. KEADAAN ALAM DAN AKTIVITAS PENDUDUK INDONESIA
Domain
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup
Materi
|
Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk
Mencapai Kompetensi
|
Teknik dan
Bentuk Instrumen Penilaian
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang
beriman, berakhlakmulia, percayadiri, dan bertanggungjawab dalam berinteraksi
secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.2
Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
Ajaran agama
dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbang
kan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
Karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
|
Melalui pembiasaan siswa dapat bersyukur dan menghargai ciptaan Tuhan.
Melalui pembiasaan siswa dapat bersikap toleransi terhadap sesama
manusia dan menjaga kelestarian lingkungan
|
· Penilaian sikap dengan skala sikap
· Penilaian sikap dengan skala sikap
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya
diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku
jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
|
Perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab,
toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah
pada masa lalu.
|
Melalui pembiasaan siswa dapat jujur,
bekerjasama, toleran, bertanggungjawab dan percaya diri.
|
· Penilaian sikap dengan skala sikap
|
||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan
Faktual,konseptual dan procedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian yang tampak mata
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampakmata
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
Aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik)
|
Ø Mengamati gambar, video
tentang bumi dan aktivitas manusia di
dalamnya dalam bidang mata pencarian, social dan budaya.
Ø Mendiskusikan
permasalahan dan memecahan permasalahan
tersebut
|
Ø Test uraian
Ø Penilaian proses diskusi
|
|
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
hindu
|
Perubahan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
|
-
Mengamati gambar tentang perubahan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
-
Membedakan perubahan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
Ø Menelusuri
peninggalan-peninggalan masa
praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik
|
Laporan
hasil pengamatan tentang perubahan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
Tes pilihan ganda dan uraian
Portopolio tentang peninggalan-peninggalan masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam
aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
|
||
|
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
*Mengamati
gambar tentang dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
*Mendiskusikan masalah dan memecahkan masalah yang
sering muncul dalam proses interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
*Tes
uraian
tentang dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
*Penilain
proses diskusi
|
||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan piker dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari
sekolah
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi,
danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dansumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan
tentang hasil-hasil kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup
dalam masyarakat sekarang
4.2 4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk
memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar
4.3 4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup
dalam masyarakat sekarang
4.2Menghasilkan gagasan kreatif untuk
memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar
4.3Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
Kemampuan berkomunikasi
Penugasan penyusunan kliping
Laporan kunjungan ke museum/tempat bersejarah.
|
Lembar pengamatan aktifitas siswa
Penilaian portofolio
Unjuk kerja
|
1. Tina Kurniati
2. Wiwin
Supriyaningsih
3. Desi
4. Setiono
5. Ilyas
6. Puji
7. Hidayati
8. Yuniarti
9. Istiadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar