Senin, 10 Januari 2011

agar efektif mengajar

Menjadi guru sudah menjadi panggilan hati,sehingga profesi ini sangat menyenangkan karena aku merasa nyaman.Bila libur lama aku suka rindu untuk bertemu murid-muridku,aku rindu mengajar,bercanda,berdiskusi bahkan belajar dari mereka.Ya betul aku belajar dari muridku,contohnya wacid murid 9.8 dengan pintarnya dia mengajariku tentang internet,blog,FB,Twitter.
Biasanya saat dikelas aku memulai dulu dengan memeriksa kebersihan kelas,bila kotor anak-anak aku minta untuk membersihkan kelas dulu,setelah itu aku mulai mengajak mereka belajar.Ini dia tipsku
1.Setiap mengajar aku informasikan ke anak-anak kompetensi apa yang harus mereka kuasai.
2.Hafalkan nama peserta didik,mereka sangat terkesan bila namanya dihafal oleh gurunya.
3.Pakailah metode yang menarik.
4.Jangan pelit memuji dan memberi mereka hadiah.
5.Jangan mudah emosi,peserta didik suka dengan guru yang ramah tapi tegas.
6.Buatlah catatan untuk menulis nama peserta didik yang tidak membuat PR,izin ke kamar kecil,terlambat
   masuk kelas.Bila peserta didik mengulangi lagi,tunjukkan catatan tsbt.
7.Berilah perhatian dengan melihat catatannya,menanyakan kabarnya atau memahami kondisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar