Loading...
Loading...
Loading...

Rabu, 18 September 2013

analisis SKL,KI dan KD

LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII

                                                                                                                                           
MATA PELAJARAN     : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS                           : VII
TEMA                           : 1. KEADAAN ALAM DAN AKTIVITAS PENDUDUK INDONESIA

Domain
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Lingkup Materi
Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai  Kompetensi 
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, dan bertanggungjawab dalam berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat






1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
Ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbang
kan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat











Karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya


Melalui pembiasaan siswa dapat bersyukur dan menghargai ciptaan Tuhan.















Melalui pembiasaan siswa dapat bersikap toleransi terhadap sesama manusia dan menjaga kelestarian lingkungan 
·  Penilaian sikap dengan skala sikap
















·  Penilaian sikap dengan skala sikap

Menghargai dan  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan     perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
Perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
Melalui pembiasaan siswa dapat jujur, bekerjasama, toleran, bertanggungjawab dan percaya diri.
·  Penilaian sikap dengan skala sikap

Pengetahuan
Memiliki pengetahuan
Faktual,konseptual dan procedural dalam
Ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang  tampak mata
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
Aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
Ø Mengamati gambar, video tentang  bumi dan aktivitas manusia di dalamnya dalam bidang mata pencarian, social dan budaya.
Ø Mendiskusikan permasalahan dan memecahan permasalahan   tersebut

Ø Test uraian







Ø Penilaian proses diskusi

3.2 Memahami  perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu
Perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
-          Mengamati gambar tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik


-          Membedakan perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
Ø Menelusuri peninggalan-peninggalan masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

Laporan hasil pengamatan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

Tes pilihan ganda dan uraian











Portopolio tentang peninggalan-peninggalan masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
*Mengamati gambar tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi




*Mendiskusikan masalah dan memecahkan masalah yang sering muncul dalam proses interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

*Tes uraian
tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
*Penilain proses diskusi
Keterampilan
Memiliki kemampuan piker dan tindak  yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber  lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dansumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2 4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar

4.3 4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar





4.1 Menyajikan  hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Kemampuan berkomunikasi

Penugasan penyusunan kliping

Laporan kunjungan ke museum/tempat bersejarah.


Lembar pengamatan aktifitas siswa
Penilaian portofolio

Unjuk kerja


1.       Tina Kurniati
2.       Wiwin Supriyaningsih
3.       Desi
4.       Setiono
5.       Ilyas
6.       Puji
7.       Hidayati
8.       Yuniarti

9.       Istiadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar