Rabu, 18 September 2013

kisi-kisi IPS SMP kelas 9

FORMAT KISI – KISI PENULISAN SOAL
JENIS SEKOLAH         : SMP                                                                          ALOKASI WAKTU       : 90 menit
MATA PELAJARAN    : IPS                                                                            JUMLAH SOAL           : 50
KURIKULUM              : KTSP                                                                         PENULISAN                : Rohainiah Irianti

NO. URUT
STANDART KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR INDOKATOR
BAHAN KELAS / SMT
MATERI
INDOKATOR SOAL
BENTUK TES

NO. SOAL
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

(8)
1
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


1.1.  Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

IX/ ganjil
Ciri-ciri negara maju dan berkembang
·   Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
·   Disajikan Peta Eropa siswa dapat menentukan contoh negara maju.
·   Disajikan daftar negara-negara di Asia Siswa dapat mengidentifikasi negara-negara yang tergolong kedalam negara berkembang  .
·   Siswa dapat mentukan negara-negara maju di benua Asia

·   Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang

PG

1



2




3





47




48
2
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


1.2.Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia


Perang dunia II
·   Disajiakan daftar negara-negara yang terlibat PD II siswa dapat menentukan negara-negara fasis

·   Disajikan daftar upaya jepang memikat rakyat Indonesia siswa dapat mengidentifikasi   hal tersebut



4




5



1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

IX/Ganjil

Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang



Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata

Siiswa dapatmenyebutkan saat  Belanda mengaku kalah pada Jepang.




 Siswa dapatmengindetifikas bentuk exploitasi ekonomiJepang terhadap bangsa Indonesia



Siswa dapat member contoh perlawanan rakyat terhadap Jepang
P G

6








7







8

2. memahami usaha mempertahankan usaha kemerdekaan
2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia


Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia


Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik

Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia

Melacak aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan

Mendeskrepsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan Indonesia

Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Balanda keluar dari Indonesia

Siswa dapat memberi contoh peran PBB dalam konflik Indonesia Belanda







Disajikan peta siswa dapat menentukan wilayah Indonesia berdasarkan perundingan renvile





Siswa dapat mengindentifikasi tindakan Sukarno dalam agresi Belanda II



Siswa dapat menentukan faktor penyebab terjadinya pertempuran 10 november 1945 di surabaya




Disajikan daftar hasil perundingan Siswa dapat menentukan  hasil KMB.







Siswa dapat mengidentifikasi dampak serangan umum 1 Maret 1949.




9











10








11






12








13








14



2.2.  Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan




Mendiskripsikan  proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan

Mendiskripsikanberbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah




Siswa dapat menentukan 4 partai pemenang pada pemili 1955



Siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya Kabinet Sastro Amidjojo I








15




16







49




50





2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

Dampak persoalan pergolakan sosial-politik terhadap kehidupan politik nasional sampai awal tahun 1960-an

Peserta didik mampu mengidentivikasi alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959







17





























Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak kurang harmonisnya hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terhadap kehidupan politik sampai awal tahun 1960-an.
.




18

3. memahami perubahan sosial budaya

3.1.Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat



Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya

Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh perubahan sosial budaya secara cepat


19












Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat

Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial-budaya.



20





Faktor-faktor penyebab perubahan sosial.

Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial-budaya.









21










3. Memahami  Perubahan Sosial Budaya












3.2.Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan/memberi








.

.


Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial-budaya.


contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.



22









23




























4. Memahami Lembaga Keuangan  dan Perdagangan
4.1 Mendiskripsikan  uang dan lembaga keuangan

Fungsi Uang (Asli dan turunan)
Disajikan ilustrasi tentang pembayaran pajak siswa dapat menentukan fungsi asli uang


24




Jenis-jenis uang (kartal dan giral)
Mengidentifikasi jenis-jenis uang


25




Nilai mata uang (intrinsik, nominal, internal, eksternal)
Disajikan contoh dari salah satu nilai mata uang


26




Mata Uang Asing
Mendiskripsikan mata uang asing


27




Kurs Mata Uang
Disajikan perhitungan dengan menggunakan nilai kurs mata uang asing


28




Praktek jual beli valuta asing
Siswa dapat membedakan kurs beli dan kurs jual

Disajikan cerita seseorang menukar uang RP terhadap valuta asing, siswa dapat menentukan besarnya Rp yang dibutuhkan



29



30




Pengertian bank dan sejarah terjadinya bank

Azas, prinsip,fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia

Jenis-jenis bank dan tugas pokok




Produk-produk bank
Siswa dapat menentukan pengertian bank berdasarkan UU no 10 th 1998
Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi bank Indonesia


Disajikan tabel nama-nama bank, siswa dapat menentukan jenis bank tertentu menurut kepemilikannya

 Disajikan gambar pro duk-produk bank, siswa dapat menentukan manfaat produk  bank tertentu





31



32




33





34
36
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
4.1 mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan

Praktek menabung di bank


pengertian lembaga keuangan bukan bank

manfaat lembaga keuangan bukan Bank





Produk-produk asuransi dan pegadaian




Dasajikan keutamaan menabung Siswa dapat mengidentifikasikan manfaat menabung

Siswa dapat menentukan jenis-jenis usaha bukan bank tertentu

Disajikan manfaat pasar modal bagi pihak tertentu siswa dapat memilih manfaat pasar modal bagi investor

Disajikan contoh kegiatan asuransi, siswa dapat menentukan jenis asuransi tertentu.

Siswa dapat menentukan ciri-ciri kegiatan pegadaian dalam memberikan pinjaman kepada nasabah
PG

35




36



37





38




39
41




















46

4.2  mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

Pengertian perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional

Manfaat perdagangan internasional








Hambatan perdagangan internasional



Perbedaan perdagangan nasional dengan perdagangan internasional

Jenis barang expor Indonesia




Sumber devisa















Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian indonesia
























Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara


Disajiakan dampak negatif dan dampak positif perdagangan siswa dapat mengidentifikasikan dampak tertentu perdagangan internasional



Siswa dapat mengidentifikasikan hambatan perdagangan internasional antar negara

Disajikan tabel tentang ciri-ciri perdagangan siswa dapat menentukan ciri perdagangan internasional

Disajikan tabel jenis-jenis barang ekspor Indonesia siswa menentukan barang ekspor pertanian indonesia

Siswa dapat menentukan sumber-sumber devisa negara

Siswa dapat menentukan pembangunan infrastruktur yang menjadi sumber devisa negara
siswa dapat menentukan dampak positif dari perdagangan internasional





Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara


Siswa dapat mengidentifikasikan hambatan perdagangan internasional antar negara




Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara

Disajikan daftar perkembangan perdagangan, Siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab lambatnya perkembangan perdaganga disuatu negara.










40








41










42










43





44





45



46






47








48









49







50











KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  :SMP                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : IPS                                                                                        2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : IX/ ganjil                                                                TAHUN AJARAN    : 2013/2014
BENTUK TES                        :  PG

STANDART KOMPETENSI :
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


NO. SOAL :
1
KUNCI :
B
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 
Berikut ini  bukan termasuk ciri-ciri negara maju adalah.....
a.       SDM nya tinggi
b.      Angka kelahirannya tinggi
c.       Incam perkapita tinggi
d.      Mortalitas rendah
Kompetensi Dasar
1.1    Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

MATERI :
Ciri-ciri negara maju dan berkembang
INDIKATOR :
 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.





KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  :SMP                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : IPS                                                                                                      2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : IX/ ganjil                                                                TAHUN AJARAN    : 2013/2014
BENTUK TES                        :  PG

STANDART KOMPETENSI :
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


NO. SOAL :
2
KUNCI :
c
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 
Perhatikan peta berikut

Yang termasuk negara maju di eropa adalah:
a.       1,2, dan 3            b.3,4, dan 6        c.3,4, dan 5             d.1,2, dan 6

Kompetensi Dasar
1.2    Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

MATERI :
Ciri-ciri negara maju dan berkembang
INDIKATOR :

·   Menyebutkan  pada peta wilayah negara  negara maju.




KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  :SMP                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : IPS                                                                                                     2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : IX/ ganjil                                                                TAHUN AJARAN    : 2013/2014
BENTUK TES                        :  PG

STANDART KOMPETENSI :
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


NO. SOAL :
3
KUNCI :
A
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL Daftar negara-negara di Asia
no
negara
1
2
3
4
5
6
7
India
Brunai Darussalam
Mongolia
Malaysia
Philipina
China
Jepang


Berikut ini adalah negara-negara berkembang di Benua Asia
a.       1,2,3,4,dan5            c.  3,4,5,6 dan 7

b.      1,2,5,6,dan7            d.  1,2,4,5 dan 6
Kompetensi Dasar
1.3    Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

MATERI :
Ciri-ciri negara maju dan berkembang
·   INDIKATOR : Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara berkembang di Benua Asia



KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  :SMP                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : IPS                                                                                                      2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : IX/ ganjil                                                                TAHUN AJARAN    : 2013/2014
BENTUK TES                        :  PG

STANDART KOMPETENSI :
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


NO. SOAL :
4
KUNCI :
D
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL :  Daftar negara-negara PD II

no
negara
1
2
3
4
5
6
USA
Jerman
Inggris
Prancis
Italia
Jepang

Yang termasuk negara-negara berpaham fasisme pada zaman Perang Dunia II adalah.....
a.       1,2,dan 3
b.      2,3,dan 4
c.       2,4,dan 5
d.      2,5,dan 6
Kompetensi Dasar
1.4    Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

MATERI :
Perang Dunia II
·   INDIKATOR :
Menyebutkan negara-negara fasis





KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  :SMP                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : IPS                                                                                                      2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : IX/ ganjil                                                                TAHUN AJARAN    : 2013/2014
BENTUK TES                        :  PG

STANDART KOMPETENSI :
: 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


NO. SOAL :
5
KUNCI :
C
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL :  Daftar upaya Jepang memikat rakyat Indonesia
no
Upaya jepang
1
2
3
4
Propaganda 3 A (Cahaya Asia,Pelindung Asia,Pemimpin Asia)
 Membebaskan pemimpin Indonesia yang dulu ditawan Belanda.
 Melarang menyanyikan lagu Indonesia raya
.Mendirikan PUTERA (Pusat tenaga Rakyat )


Berikut ini adalah upaya Jepang untuk memikat hati rakyat Indonesia,
a.1,2 dan 3
b.2,3 dan 4
c.1,2 dan 4
d.2,3 dan 4
Kompetensi Dasar
1.5    Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

MATERI :
Perang Dunia II
·   INDIKATOR : Menjelaskan secara tertulis 3 upaya Jepang  memikat hati rakyat Indonesia




KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  : ……………..                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : …………….                                                                                                   2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : ……………..                                                                          TAHUN AJARAN    : ……………………
BENTUK TES                        :  ( TERTULIS ( PG , dll )                                                                                              

STANDART KOMPETENSI :

NO. SOAL :   6

KUNCI : a
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 

        Kekalahan belanda di Indonesia disebabkan
a.       Kemenangan Jepang di pasifik.
b.      Jatuhnya bom atom di hirosimo dan nagasaki
c.       Peristiwa perlharbor
d.      Kemenangan jerman di polandia
     
KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

MATERI :
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

INDIKATOR :
Siiswa dapat  mengidentifikasi penyebab kekalahan balanda  pada Jepang

KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  : ……………..                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : …………….                                                                                                   2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : ……………..                                                                          TAHUN AJARAN    : ……………………
BENTUK TES                        :  ( TERTULIS ( PG , dll )                                                                                              

STANDART KOMPETENSI :

NO. SOAL :    7

KUNCI :  A
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 
1.       Wajib menyerahkan hasil panen
2.       Romusa
3.       Diwajibkan menana pohon jarak
Bentuk eksploitasi ekonomi Jepang terhadap rakyat Indonesia adalah :

         A.Wajib setor panen  danwajib tanam pohon jarak
         B. Sewa tanah dan Rhomusa
         C. Penebangan hutan dan setor panen
          D.Mendirikan industry dan sewa tanah
KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

MATERI :
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang

INDIKATOR :
Siswa dapatmengindetifikas bentuk exploitasi ekonomiJepang terhadap bangsa Indonesia

            KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  : ……………..                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : …………….                                                                                                   2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : ……………..                                                                          TAHUN AJARAN    : ……………………
BENTUK TES                        :  ( TERTULIS ( PG , dll )                                                                                              

STANDART KOMPETENSI :

NO. SOAL : 8

KUNCI :
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 

I
II
III
IV
Tengku Abdul Jalil
Tengku Hamid
Tengku Hamid
H. Temmale
K.H. Zainal Mustofa
K.H. Zainal Mustofa
Tengku Abdul Jalil
Supriyadi

Pada table diatas tokoh yang melakukan perlawanan terhdap Jepang di daerah Aceh ditujukan oleh table nomor …
a.         I                             C.   III
b.      II                             d.   IV
KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

MATERI :
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata

INDIKATOR :
Siswa dapat member contoh perlawanan rakyat terhadap Jepang

 KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  : ……………..                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : …………….                                                                                                   2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : ……………..                                                                          TAHUN AJARAN    : ……………………
BENTUK TES                        :  ( TERTULIS ( PG , dll )                                                                                              

STANDART KOMPETENSI :

NO. SOAL : 9

KUNCI : C
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 

KTN (Komisi Tiga Negara) dibentuk oleh PBB dalam menyelesaikan konflik Indonesia Belanda
Yang menghasilkan perjanjian :
A.      Linggarjati
B.      Roem-Royen
C.      Renville
D.      KMB
KOMPETENSI DASAR :
2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

MATERI :
Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik

INDIKATOR :
Siswai  dapa tmemberi contoh peran PBB dalam konflik Indonesia-Belanda

                                                                                          















KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH                  : ……………..                                                                          PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN                       : …………….                                                                                                   2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT       : ……………..                                                                          TAHUN AJARAN    : ……………………
BENTUK TES                        :  ( TERTULIS ( PG , dll )                                                                                              

STANDART KOMPETENSI :

NO. SOAL : 10

KUNCI :
BUKU SUMBER :
BUTIR SOAL : 
Pada waktu agresi Belanda II,Presiden Sukarno menginstruksikan kepada Mr Syarifudin Prawiranegara untuk mendirikan pemerintahan darurat Republik Indonesia di :

                     A.Bukit Tinggi- Sumatra Barat
                     B. Palembang – Sumatra Selatan
                      C. Medan – Sumatra Utara
                       D. Padang – Sumatra Barat                   
KOMPETENSI DASAR :
2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

MATERI :
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuanRepublik Indonesia
INDI KATOR :
Siswa dapat mengindentifikasi tindakan Sukarno dalam agresi Belenda II








PEDOMAN PENSKORAN
NO.
KUNCI / KRETERIA JAWABAN / ASPEK YANG DINILAI
SKOR
















































SKOR MAKSIMUM                  : ……………….




KRETERIA PENELAAH PILIHAN GANDA

JENIS SEKOLAH         :  ………………….                                                                                  
MATA PELAJARAN    : …………………..                                                                                 
KURIKULUM              : …………………..         
PAKET SOAL               : ………………….
NO. SOAL                   : ………………….                                                                       
BIDANG KRETERIA PENELAAHAN
KRETERIA PENELAAHAN
PERANGKAT
YA
TIDAK
A.      MATERI
1.       Soal sesuai dengan indicator



2.       Pilihan jawaban homogen dan logis



3.       Hanya ada satu kunci jawaban yang paling benar



4.       Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas



5.       Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja



6.       Pokok soal jangan memberi petunjuk kearah jawaban yang benar



7.       Pokok soal jangan mengandung pertanyaan yang bersifat negative ganda



8.       Panjang pendek rumusan pilihan jawaban harus relative sama


B.      KONTRUKSI
9.       Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “  semua pilihan jawaban di atas salah “ atau “ semua pilihan jawaban di atas benar “



10.   Pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologis waktunya



11.   Gambar, grafik, table, diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi



12.   Butir soal jangan tergantung pada jawaban soal sebelumnya pada soal harus jelas dan berfungsi



13.   Setip soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia


C.      BAHASA
14.   Bahasa yang digunakan harus komunikatif sehingga mudah dimengerti oleh siswa



15.   Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat



16.   Pilihan jawaban jangan mengulang kata / frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian





KARTU TELAAH SOAL URAIAN
 NOMOR SOAL : 1
PERANGKAT :
NO
KRETERIA PENELAAHAN
YA
TIDAK
A.
MATERI


1
Soal sesuai dengan indicator


2
Batasan pertanyaaan dan jawaban yang diharapkan jelas


3
Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran


4
Isi materi yang dinyatakan sudah sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas


B.
KONTRUKSI
5
Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai
6
Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
7
Ada pedoman penskoran
8
Tabel, gambar, grafik, peta atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
C
BAHASA
9
Rumusan kalimat soal komunikatif
10
Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
11
Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata / kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
12
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
13
Rumusan soal tidak mendukung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan siswa
CATATAN : ……………….

PENELAAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar