FORMAT KISI – KISI PENULISAN SOAL
JENIS SEKOLAH : SMP ALOKASI WAKTU : 90 menit
MATA PELAJARAN : IPS JUMLAH SOAL : 50
KURIKULUM : KTSP PENULISAN : Rohainiah Irianti
NO. URUT | STANDART KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR INDOKATOR | BAHAN KELAS / SMT | MATERI | INDOKATOR SOAL | BENTUK TES | | NO. SOAL |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | | (8) |
1 | : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | 1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | IX/ ganjil | Ciri-ciri negara maju dan berkembang | · Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju. · Disajikan Peta Eropa siswa dapat menentukan contoh negara maju. · Disajikan daftar negara-negara di Asia Siswa dapat mengidentifikasi negara-negara yang tergolong kedalam negara berkembang . · Siswa dapat mentukan negara-negara maju di benua Asia · Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang | PG | | 1 2 3 47 48 |
2 | 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | 1.2.Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia | | Perang dunia II | · Disajiakan daftar negara-negara yang terlibat PD II siswa dapat menentukan negara-negara fasis · Disajikan daftar upaya jepang memikat rakyat Indonesia siswa dapat mengidentifikasi hal tersebut | | | 4 5 |
| | 1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia | IX/Ganjil | Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan Bersenjata | Siiswa dapatmenyebutkan saat Belanda mengaku kalah pada Jepang. Siswa dapatmengindetifikas bentuk exploitasi ekonomiJepang terhadap bangsa Indonesia Siswa dapat member contoh perlawanan rakyat terhadap Jepang | P G | | 6 7 8 |
| 2. memahami usaha mempertahankan usaha kemerdekaan | 2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | | Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia Melacak aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan Mendeskrepsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah dalam usaha mempertahankan Indonesia Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Balanda keluar dari Indonesia | Siswa dapat memberi contoh peran PBB dalam konflik Indonesia Belanda Disajikan peta siswa dapat menentukan wilayah Indonesia berdasarkan perundingan renvile Siswa dapat mengindentifikasi tindakan Sukarno dalam agresi Belanda II Siswa dapat menentukan faktor penyebab terjadinya pertempuran 10 november 1945 di surabaya Disajikan daftar hasil perundingan Siswa dapat menentukan hasil KMB. Siswa dapat mengidentifikasi dampak serangan umum 1 Maret 1949. | | | 9 10 11 12 13 14 |
| | 2.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan | | | Mendiskripsikan proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan Mendiskripsikanberbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah Siswa dapat menentukan 4 partai pemenang pada pemili 1955 Siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab jatuhnya Kabinet Sastro Amidjojo I | | | 15 16 49 50 |
| | 2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan | | Dampak persoalan pergolakan sosial-politik terhadap kehidupan politik nasional sampai awal tahun 1960-an | Peserta didik mampu mengidentivikasi alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 | | | 17 |
| | | | | Peserta didik mampu mengidentifikasi dampak kurang harmonisnya hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terhadap kehidupan politik sampai awal tahun 1960-an. . | | | 18 |
| 3. memahami perubahan sosial budaya | 3.1.Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat | | Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya | Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh perubahan sosial budaya secara cepat | | | 19 |
| | | | Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat | Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial-budaya. | | | 20 |
| | | | Faktor-faktor penyebab perubahan sosial. | Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial-budaya. | | | 21 |
| | | | | | | | |
| 3. Memahami Perubahan Sosial Budaya | 3.2.Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan/memberi . . | | | Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan yang merupakan faktor penyebab perubahan sosial-budaya. contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya. | | | 22 23 |
| 4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan | 4.1 Mendiskripsikan uang dan lembaga keuangan | | Fungsi Uang (Asli dan turunan) | Disajikan ilustrasi tentang pembayaran pajak siswa dapat menentukan fungsi asli uang | | | 24 |
| | | | Jenis-jenis uang (kartal dan giral) | Mengidentifikasi jenis-jenis uang | | | 25 |
| | | | Nilai mata uang (intrinsik, nominal, internal, eksternal) | Disajikan contoh dari salah satu nilai mata uang | | | 26 |
| | | | Mata Uang Asing | Mendiskripsikan mata uang asing | | | 27 |
| | | | Kurs Mata Uang | Disajikan perhitungan dengan menggunakan nilai kurs mata uang asing | | | 28 |
| | | | Praktek jual beli valuta asing | Siswa dapat membedakan kurs beli dan kurs jual Disajikan cerita seseorang menukar uang RP terhadap valuta asing, siswa dapat menentukan besarnya Rp yang dibutuhkan | | | 29 30 |
| | | | Pengertian bank dan sejarah terjadinya bank Azas, prinsip,fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia Jenis-jenis bank dan tugas pokok Produk-produk bank | Siswa dapat menentukan pengertian bank berdasarkan UU no 10 th 1998 Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi bank Indonesia Disajikan tabel nama-nama bank, siswa dapat menentukan jenis bank tertentu menurut kepemilikannya Disajikan gambar pro duk-produk bank, siswa dapat menentukan manfaat produk bank tertentu | | | 31 32 33 34 |
36 | 4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan | 4.1 mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan | | Praktek menabung di bank pengertian lembaga keuangan bukan bank manfaat lembaga keuangan bukan Bank Produk-produk asuransi dan pegadaian | Dasajikan keutamaan menabung Siswa dapat mengidentifikasikan manfaat menabung Siswa dapat menentukan jenis-jenis usaha bukan bank tertentu Disajikan manfaat pasar modal bagi pihak tertentu siswa dapat memilih manfaat pasar modal bagi investor Disajikan contoh kegiatan asuransi, siswa dapat menentukan jenis asuransi tertentu. Siswa dapat menentukan ciri-ciri kegiatan pegadaian dalam memberikan pinjaman kepada nasabah | PG | | 35 36 37 38 39 |
41 | | | | | | | | |
46 | | 4.2 mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia | | Pengertian perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional Manfaat perdagangan internasional Hambatan perdagangan internasional Perbedaan perdagangan nasional dengan perdagangan internasional Jenis barang expor Indonesia Sumber devisa Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian indonesia | Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara Disajiakan dampak negatif dan dampak positif perdagangan siswa dapat mengidentifikasikan dampak tertentu perdagangan internasional Siswa dapat mengidentifikasikan hambatan perdagangan internasional antar negara Disajikan tabel tentang ciri-ciri perdagangan siswa dapat menentukan ciri perdagangan internasional Disajikan tabel jenis-jenis barang ekspor Indonesia siswa menentukan barang ekspor pertanian indonesia Siswa dapat menentukan sumber-sumber devisa negara Siswa dapat menentukan pembangunan infrastruktur yang menjadi sumber devisa negara siswa dapat menentukan dampak positif dari perdagangan internasional Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara Siswa dapat mengidentifikasikan hambatan perdagangan internasional antar negara Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor timbulnya perdagangan internasional antar negara Disajikan daftar perkembangan perdagangan, Siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab lambatnya perkembangan perdaganga disuatu negara. | | | 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH :SMP PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : IPS 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : IX/ ganjil TAHUN AJARAN : 2013/2014
BENTUK TES : PG
STANDART KOMPETENSI : : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | | NO. SOAL : 1 | KUNCI : B | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : Berikut ini bukan termasuk ciri-ciri negara maju adalah..... a. SDM nya tinggi b. Angka kelahirannya tinggi c. Incam perkapita tinggi d. Mortalitas rendah | |||||
Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | |||||
MATERI : Ciri-ciri negara maju dan berkembang | |||||
INDIKATOR : Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju. |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH :SMP PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : IPS 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : IX/ ganjil TAHUN AJARAN : 2013/2014
BENTUK TES : PG
STANDART KOMPETENSI : : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | | NO. SOAL : 2 | KUNCI : c | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : Perhatikan peta berikut Yang termasuk negara maju di eropa adalah: a. 1,2, dan 3 b.3,4, dan 6 c.3,4, dan 5 d.1,2, dan 6 | |||||
Kompetensi Dasar 1.2 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | |||||
MATERI : Ciri-ciri negara maju dan berkembang | |||||
INDIKATOR : · Menyebutkan pada peta wilayah negara negara maju. |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH :SMP PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : IPS 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : IX/ ganjil TAHUN AJARAN : 2013/2014
BENTUK TES : PG
STANDART KOMPETENSI : : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | | NO. SOAL : 3 | KUNCI : A | BUKU SUMBER : | |||
BUTIR SOAL : Daftar negara-negara di Asia
Berikut ini adalah negara-negara berkembang di Benua Asia a. 1,2,3,4,dan5 c. 3,4,5,6 dan 7 b. 1,2,5,6,dan7 d. 1,2,4,5 dan 6 | |||||||
Kompetensi Dasar 1.3 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | |||||||
MATERI : Ciri-ciri negara maju dan berkembang | |||||||
· INDIKATOR : Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara berkembang di Benua Asia |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH :SMP PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : IPS 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : IX/ ganjil TAHUN AJARAN : 2013/2014
BENTUK TES : PG
STANDART KOMPETENSI : : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | | NO. SOAL : 4 | KUNCI : D | BUKU SUMBER : | |||
BUTIR SOAL : Daftar negara-negara PD II
Yang termasuk negara-negara berpaham fasisme pada zaman Perang Dunia II adalah..... a. 1,2,dan 3 b. 2,3,dan 4 c. 2,4,dan 5 d. 2,5,dan 6 | |||||||
Kompetensi Dasar 1.4 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | |||||||
MATERI : Perang Dunia II | |||||||
· INDIKATOR : Menyebutkan negara-negara fasis |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH :SMP PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : IPS 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : IX/ ganjil TAHUN AJARAN : 2013/2014
BENTUK TES : PG
STANDART KOMPETENSI : : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia. | | NO. SOAL : 5 | KUNCI : C | BUKU SUMBER : | |||
BUTIR SOAL : Daftar upaya Jepang memikat rakyat Indonesia
Berikut ini adalah upaya Jepang untuk memikat hati rakyat Indonesia, a.1,2 dan 3 b.2,3 dan 4 c.1,2 dan 4 d.2,3 dan 4 | |||||||
Kompetensi Dasar 1.5 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju | |||||||
MATERI : Perang Dunia II | |||||||
· INDIKATOR : Menjelaskan secara tertulis 3 upaya Jepang memikat hati rakyat Indonesia |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH : …………….. PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : ……………. 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : …………….. TAHUN AJARAN : ……………………
BENTUK TES : ( TERTULIS ( PG , dll )
STANDART KOMPETENSI : | | NO. SOAL : 6 | KUNCI : a | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : Kekalahan belanda di Indonesia disebabkan a. Kemenangan Jepang di pasifik. b. Jatuhnya bom atom di hirosimo dan nagasaki c. Peristiwa perlharbor d. Kemenangan jerman di polandia | |||||
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia | |||||
MATERI : Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia | |||||
INDIKATOR : Siiswa dapat mengidentifikasi penyebab kekalahan balanda pada Jepang |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH : …………….. PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : ……………. 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : …………….. TAHUN AJARAN : ……………………
BENTUK TES : ( TERTULIS ( PG , dll )
STANDART KOMPETENSI : | | NO. SOAL : 7 | KUNCI : A | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : 1. Wajib menyerahkan hasil panen 2. Romusa 3. Diwajibkan menana pohon jarak Bentuk eksploitasi ekonomi Jepang terhadap rakyat Indonesia adalah : A.Wajib setor panen danwajib tanam pohon jarak B. Sewa tanah dan Rhomusa C. Penebangan hutan dan setor panen D.Mendirikan industry dan sewa tanah | |||||
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia | |||||
MATERI : Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang | |||||
INDIKATOR : Siswa dapatmengindetifikas bentuk exploitasi ekonomiJepang terhadap bangsa Indonesia |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH : …………….. PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : ……………. 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : …………….. TAHUN AJARAN : ……………………
BENTUK TES : ( TERTULIS ( PG , dll )
STANDART KOMPETENSI : | | NO. SOAL : 8 | KUNCI : | BUKU SUMBER : | |||||||||||
BUTIR SOAL :
Pada table diatas tokoh yang melakukan perlawanan terhdap Jepang di daerah Aceh ditujukan oleh table nomor … a. I C. III b. II d. IV | |||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia | |||||||||||||||
MATERI : Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan Bersenjata | |||||||||||||||
INDIKATOR : Siswa dapat member contoh perlawanan rakyat terhadap Jepang |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH : …………….. PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : ……………. 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : …………….. TAHUN AJARAN : ……………………
BENTUK TES : ( TERTULIS ( PG , dll )
STANDART KOMPETENSI : | | NO. SOAL : 9 | KUNCI : C | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : KTN (Komisi Tiga Negara) dibentuk oleh PBB dalam menyelesaikan konflik Indonesia Belanda Yang menghasilkan perjanjian : A. Linggarjati B. Roem-Royen C. Renville D. KMB | |||||
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | |||||
MATERI : Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik | |||||
INDIKATOR : Siswai dapa tmemberi contoh peran PBB dalam konflik Indonesia-Belanda |
KARTU SOAL BENTUK PG / PRAKTIK
JENIS SEKOLAH : …………….. PENYUSUN : 1. ……………..
MATA PELAJARAN : ……………. 2. ……………….
BAHAN KELAS / SMT : …………….. TAHUN AJARAN : ……………………
BENTUK TES : ( TERTULIS ( PG , dll )
STANDART KOMPETENSI : | | NO. SOAL : 10 | KUNCI : | BUKU SUMBER : | |
BUTIR SOAL : Pada waktu agresi Belanda II,Presiden Sukarno menginstruksikan kepada Mr Syarifudin Prawiranegara untuk mendirikan pemerintahan darurat Republik Indonesia di : A.Bukit Tinggi- Sumatra Barat B. Palembang – Sumatra Selatan C. Medan – Sumatra Utara D. Padang – Sumatra Barat | |||||
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | |||||
MATERI : Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuanRepublik Indonesia | |||||
INDI KATOR : Siswa dapat mengindentifikasi tindakan Sukarno dalam agresi Belenda II |
PEDOMAN PENSKORAN
NO. | KUNCI / KRETERIA JAWABAN / ASPEK YANG DINILAI | SKOR |
| | |
SKOR MAKSIMUM : ……………….
KRETERIA PENELAAH PILIHAN GANDA
JENIS SEKOLAH : ………………….
MATA PELAJARAN : …………………..
KURIKULUM : …………………..
PAKET SOAL : ………………….
NO. SOAL : ………………….
BIDANG KRETERIA PENELAAHAN | KRETERIA PENELAAHAN | PERANGKAT | |
YA | TIDAK | ||
A. MATERI | 1. Soal sesuai dengan indicator | | |
| 2. Pilihan jawaban homogen dan logis | | |
| 3. Hanya ada satu kunci jawaban yang paling benar | | |
| 4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas | | |
| 5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja | | |
| 6. Pokok soal jangan memberi petunjuk kearah jawaban yang benar | | |
| 7. Pokok soal jangan mengandung pertanyaan yang bersifat negative ganda | | |
| 8. Panjang pendek rumusan pilihan jawaban harus relative sama | | |
B. KONTRUKSI | 9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “ semua pilihan jawaban di atas salah “ atau “ semua pilihan jawaban di atas benar “ | | |
| 10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologis waktunya | | |
| 11. Gambar, grafik, table, diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi | | |
| 12. Butir soal jangan tergantung pada jawaban soal sebelumnya pada soal harus jelas dan berfungsi | | |
| 13. Setip soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia | | |
C. BAHASA | 14. Bahasa yang digunakan harus komunikatif sehingga mudah dimengerti oleh siswa | | |
| 15. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat | | |
| 16. Pilihan jawaban jangan mengulang kata / frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian | | |
KARTU TELAAH SOAL URAIAN | |||
NOMOR SOAL : 1 | PERANGKAT : | ||
NO | KRETERIA PENELAAHAN | YA | TIDAK |
A. | MATERI | | |
1 | Soal sesuai dengan indicator | | |
2 | Batasan pertanyaaan dan jawaban yang diharapkan jelas | | |
3 | Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran | | |
4 | Isi materi yang dinyatakan sudah sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas | | |
B. | KONTRUKSI | ||
5 | Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai | ||
6 | Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal | ||
7 | Ada pedoman penskoran | ||
8 | Tabel, gambar, grafik, peta atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca | ||
C | BAHASA | ||
9 | Rumusan kalimat soal komunikatif | ||
10 | Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | ||
11 | Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata / kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian | ||
12 | Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat | ||
13 | Rumusan soal tidak mendukung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan siswa |
CATATAN : ……………….
PENELAAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar